12 Tips Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan (Outdoor) - Triks Android Baru

Kamis, 10 Januari 2019

12 Tips Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan (Outdoor)

– Tips penting Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan atau outdoor semoga Anda menjadi pilot yang handal dan terbang lebih aman. Ketika kita melihat video footage yang telah diambil memakai drone contohnya sungai, pantai, gedung, pegunungan terang semuanya nampak indah. Tapi tahukah Anda bahwa setiap video yang diambil memakai drone tak semudah ketika kita melihat dan menikmati kontennya.

Ada banyak hal penting yang harus dipersiapkan bagi seorang pilot ketika akan menerbangkan drone diluar ruangan. Terlebih jikalau kita akan menciptakan video dari projek yang dipesan oleh client. Setiap lokasi dan kondisi akan berbeda tergantung di area mana kita akan menerbangkan dan merekamnya. Pada artikel kali ini saya akan coba menjelaskan beberapa tips cara menerbangkan drone diluar ruangan baik itu ketika merekam video maupun untuk mencoba tantangan di lokasi yang baru.

 atau outdoor semoga Anda menjadi pilot yang handal dan terbang lebih kondusif 12 Tips Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan (Outdoor)

Tips Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan (Outdoor)

1. Siapkan dan Bawa Semua Peralatan.
Periksa semua equipments yang berkaitan dengan drone dan aktifitas Anda nanti. Pastikan baterai terisi penuh, membawa baterai cadangan, memasang propeller guards, kamera, tablet atau ipod dan lain sebagainya. Pastikan tidak ada yang tertinggal spslsgi jikalau hendak terbang di lokasi yang cukup jauh dari rumah.
2. Ketahui Area atau Lokasi yang Anda Hadapi.
Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke lokasi tertentu untuk menerbangkan drone, pastikan Anda telah mengetahui seluk beluk lokasi tersebut. Apakah lokasi itu milik klien, publik atau private. Ingat, menerbangkan drone harus mempunyai izin.
3. Terbang di Lokasi Publik, Awas Banyak Orang.
Lapangan olah raga, taman kota dan daerah publik lainnya akan dikerumuni oleh orang yang sedang melaksanakan aktifitas. Seperti berolah raga ringan, bermain skate board, nongkrong dan bersantai. Sebagai seorang pilot drone, aktifitas Anda jangan hingga mengganggu mereka. Apalagi jikalau hingga menabrak seseorang. Pilihlah lokasi yang hanya dikunjungi oleh sedikit orang.
4. Hati-hati Dengan Cuaca yang Berangin.
Terdapat dua sisi berbeda dari area dengan kondisi yang sedang berangin kencang. Pertama ialah memungkinkan drone kita lepas kendali ketika sedang terbang atau hovering, Kedua ialah memanfaatkan angin untuk mendapat footage dari objek tertentu yang terkena angin tersebut.
Misalnya pohon atau padi di sawah akan terlihat indah ketika bergoyang terkena angin, tapi disisi lain drone dengan ukuran kecil akan kesulitan untuk hovering. Meskipun drone Anda dilengkapi dengan fitur pengontrol kecepatan motor otomatis ketika kondisi berangin, tapi sebaiknya berhati-hati.
5. Selalu Aktifkan Mode GPS.
Tips menerbangkan drone diluar ruangan selanjutnya ialah dengan selalu mengaktifkan mode gps. Tentunya hanya drone high end yang mempunyai fitur gps mode ini. Fitur ini sangat penting terutama ketika Anda ingin mengambil gambar atau video di area tertentu yang nampak pada gps. Kita bisa mengunci drone semoga ia hanya terbang pada lokasi yang terlihat di map saja.
6. Terus Terbang di Lokasi yang Berangin.
Baiklah, jikalau Anda tetap ingin menerbangkan drone dilokasi berangin atau tiba-tiba ketika ia sedang babat terhantam oleh angin sebaiknya ikuti beberapa tips ini.
  • Ketika drone sedang terbang dan tiba-tiba kecepatan angin meningkat, Anda akan sedikit kehilangan kontrol. Maka dari itu dorong quadcopter semoga ia tetap maju.
  • Jika angin menghantam salah satu bab sisi drone, terbangkan ia untuk melawan arah angin. Tujuannya ialah untuk mendapat keseimbangan. Tetapi jikalau terlalu kencang, sebaiknya Anda landing saja.
Baca juga :

7. Jangan Terbang Aerobatic.
 atau outdoor semoga Anda menjadi pilot yang handal dan terbang lebih kondusif 12 Tips Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan (Outdoor)

Tips cara menerbangkan drone di lokasi yang luas terkadang menciptakan kita sangat bersemangat untuk menerbangakn drone secara ekstrim. Dan tak sedikit drone yang mengalami kecelakaan. Jangan mencoba untuk terbang aerobatic jikalau Anda belum mempunyai skill untuk melakukannya. Terlebih jikalau Anda gres pertama kali terbang dilokasi tersebut.
8. Perhatikan Saat Melakukan Hovering.
Menerbangkan drone semoga tetap melayang ialah salah satu task yang sangat sulit dilakukan terutama bagi para pemula. Jangan hovering terlalu tinggi di udara atau terlalu rendah. Meskipun teknik hovering akan menghipnotis hasil merekam video, tapi sebaiknya kuasai dulu untuk mengontrol throttle, pitch dan roll semoga melayang ditempat yang sama.
9. Segera Matikan Throttle Control Ketika Drone Jatuh atau Nyangkut di Pohon.
Saat drone mengalami goresan dengan benda tertentu contohnya drone nyangkut diranting pohon, segera matikan throttle control dengan cepat. Tips cara menerbangkan drone secara out door ini tujuannya ialah untuk mematikan propeller berhenti berputar semoga tidak ada bab ranting yang masuk atau memperkecil kemungkinan terjadinya patah dan rusak terlalu parah.
10. Terbang Aman Dengan Mode Otomatis.
Jika Anda merasa lokasi di luar cukup sulit untuk terbang, jangan memakai mode manual terlalu cepat. Terlebih bagi para pemula, mode otomatis akan menciptakan drone Anda lebih kondusif dan stabil ketika terbang.
11. Gunakan FPV Goggles.
Untuk menikmati view dan menambah pengalaman yang menyenangkan gunakanlah kacamata fpv. Anda akan lebih gampang dalam mengontrol drone serta mendapat angle yang pas ketika menciptakan video yang diambil oleh drone.
12. Rajin Latihan di Berbagai Lokasi.
Menjadi seorang pilot drone yang profesional tak akan bisa Anda raih hanya dalam waktu 1 minggu. Sempatkan waktu secara bersiklus untuk berlatih dan menguasai semua fitur yang dimiliki oleh drone Anda. Pastikan juga lokasi untuk berlatih selalu berpindah-pindah untuk menguji kemampuan Anda disetiap kondisi yang berbeda.

Kesimpulannya, gotong royong masih banyak hal yang perlu Anda perhatikan ketika menerbangkan drone. Tapi dengan beberapa tips cara menerbangkan drone diluar ruangan yang telah saya jelaskan diatas, akan menambah pengetahuan Anda wacana persiapan dan hal-hal yang mungkin terjadi. Jika Anda mempunyai tips lain, silahkan tulis dikolom komentar.
Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar